welcome

Hai hai hai ...
Blog ini adalah blog yang berisi hal-hal seputar pendidikan, kebahasaan, kesusastraan, percintaan dan umum...

Selamat datang di blog saya ...
Selamat membaca tulisan-tulisan saya ...
Semoga menggugah selera ...
Selera Anda adalah inspirasi saya ...


Oh ya jangan lupa silahkan juga kunjungi ...
*my twitter on https://twitter.com/misy_2014
*my email http://profile.yahoo.com/AKCYPOGQN3Q6NZG52KVHGINC6E/
*my linked in : https://id.linkedin.com/pub/anita-misriyah-missy/a4/9b5/31a
*my ask.fm http://ask.fm/mis_missy
*my instagram : anita_misriyah
*my line : Missy


Thank you all ...

Senin, 31 Oktober 2011

Ilmu Sosial Budaya Dasar


MAKALAH
ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR

Ditulis untuk memenuhi salah satu tugas individu
Mata Kuliah : ISBD



 







Oleh :
Nama : Anita Misriyah
NPM : 08410204
Kelas : III E

IKIP PGRI SEMARANG
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
2009



BAB I
PENDAHULUAN
            Secara sederhana ISBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.   
            Istilah ISBD dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang astinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari th humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.
            Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.






BAB II
PEMBAHASAN
Pokok Bahasan :
No.
Kompetensi Dasar
Pokok Bahasan
Subpokok Bahasan
1.
Mahasiswa mampu :
1. menyebutkan defi-
nisi ISBD dan unsur
unsurnya;
2. menjelaskan tujuan
Umum dan khusus
serta fungsi ISBD
3. menjelaskan singkt
metode pendekatan
ISBD.

Definisi, tujuan,
dan fungsi ISBD

1.Definisi ISBD dan
unsur-unsurnya.
2.Tujuan dan fungsi
ISBD
3.Metode pendekatan
ISBD
2.
Mahasiswa mampu
menjelaskan:
1. ciri manusia sbgai
makhluk sosial,
2. ciri manusia sbgai
makhluk budaya,
3. dimensi kemanusia-
an dan sosial buda-
ya dlm hidup ber-
masyarakat.


Lingkup Kajian
ISBD

1. Manusia sbg makh-
luk sosial
2. Manusia sbg makh-
Luk budaya
3. Dimensi kemanusia-
an dan sosial budaya
3.
Mahasiswa mampu
menjelaskan:
·         konsep kelompok
sosial budaya
·         ragam tipe kelom-
pok social budaya
·         ciri-ciri profesi bidan
sbg bentuk kelom-
pok sosial budaya

Tipe Kelompok
Sosial Buaya

·         Konsep kelompok
sosial budaya
·         Ragam tipe kelom-
pok sosial budaya
·         Kelompok sosial
budaya profesi hkm,
bidan, dokter.

A.   PENGERTIAN ISBD
            ISBD bukanlah suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri, melainkan hanyalah suatu pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang berbudaya, dan masalah-masalah yang terwujud daripadanya.
B.   LATAR BELAKANG ADANYA ISBD
            Agar tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi memiliki tiga jenis kemampuan yang meliputi :
·         Kemampuan personal : dimana para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan sikap, tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan dan kenegaraan, seta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.
·         Kemampuan akademis : kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah baik lisan maupun tulisan , menguasai peralatan analisis, maupun berpikir logis, kritis, sistematis, analitis, memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi, seta mampu menawarkan alternatif pemecahan.
·         Kemampuan profesional : kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan, para ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.

C.   TUJUAN ISBD
      Memberikan landasan pengetahuan dan wawasan yang luas serta keyakinan kepada mahasiswa sebagai bekal bagi hidup bermasyarakat, selaku individu dan mahkluk social yang beradabdalam mempraktikkan pengetahuan akademik dan keahliannya dan mampu memecahkan masalah social budaya secara arif.
      Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat :
1.Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka
2.Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3.Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bagnsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat
4.menguasahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancer dalam berkomunikas
D.   FUNGSI ISBD
            Memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial kebudayaan agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial budaya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungannya menjadi lebih besar.
E.    VISI ISBD
            Berkembangnya mahasiswa sebagai manusia terpelajar yang kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman, kesetaraan, dan kemartabatan manusia yang dilandasi nilai-nilai estetika, etika, dan moral dalam kehidupan bermasyarakat.
F.    MISI ISBD
            Memberikan landasan dan wawasan yang luas, serta menumbuhkan sikap kritis, peka, dan arif pada mahasiswa untuk memahami keragaman, kesetaraan, dan kemartabatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat selaku individu dan makhluk social yang beradab serta bertanggungjawab terhadap sumber daya dan lingkungannya.

BAB III
PENUTUP
ü KESIMPULAN
            Standar Kompetensi: Mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang ISBD melalui pengkajian terhadap manusia sebagai makhluk sosial dan budaya serta aspek- aspek kemanusiaan, sehingga memahami hakikat manusia serta tumbuh kesadaran diri untuk saling menghargai dan saling menghormati .
            Konsep, tujuan, fungsi, dan pendekatan ISBD; manusia makhluk sosial dan makhluk budaya; keluarga sebagai unit masyarakat terkecil; tipe kelompok sosial budaya; manusia, kebudayaan, peradaban, dan sistem nilai; perubahan sistem nilai dan masalah kemanusiaan; aspek-aspek kemanusiaan: pandangan hidup; keindahan dan keburukan;kasih sayang dan kebencian; tanggung jawab dan kesadaran; keadilan dan kesewenang-wenangan; kegelisahan dan penderitaan; harapan dan keberhasilan.

ü SARAN
      Dalam penyusunan makalah ini penulis telah berusaha mencapai hasil yang sempurna, namun kaerena teterbatasan pencarian data dan penulis dalam menyusun makalah ini. Maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran. Akhir kata semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar