welcome

Hai hai hai ...
Blog ini adalah blog yang berisi hal-hal seputar pendidikan, kebahasaan, kesusastraan, percintaan dan umum...

Selamat datang di blog saya ...
Selamat membaca tulisan-tulisan saya ...
Semoga menggugah selera ...
Selera Anda adalah inspirasi saya ...


Oh ya jangan lupa silahkan juga kunjungi ...
*my twitter on https://twitter.com/misy_2014
*my email http://profile.yahoo.com/AKCYPOGQN3Q6NZG52KVHGINC6E/
*my linked in : https://id.linkedin.com/pub/anita-misriyah-missy/a4/9b5/31a
*my ask.fm http://ask.fm/mis_missy
*my instagram : anita_misriyah
*my line : Missy


Thank you all ...

Senin, 11 Juni 2012

Semua Tentang Blog Ada Disini


                                  BLOG  

Description: blog
Blog itu merupakan singkatan dari “web log” yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web yang bisa diakses secara umum.
Istilah blog pertama kali digunakan Jorn Barger pada Desember 1997 untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik dan disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Media blog dipopulerkan pertama kali oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google pada akhir tahun 2002 yang lalu.
Fungsi blog amatlah beragam, diantaranya sebagai catatan harian, media publikasi, kampanye politik,program-program bisnis online dan lain-lain. Umumnya blog dimiliki oleh seorang penulis tunggal, tapi ada juga yang dimiliki oleh beberapa penulis.
Biasanya blog bersifat interaktif yaitu menyediakan tempat komentar bagi para pengujung mengenai tulisan yang dimuat, namun ada juga blog yang bersifat non interaktif alias menutup papan komentar.
Bagi seseorang yang suka menulis, suka menghasilkan sesuatu yang baru, suka berkarya dan suka berbagi tentunya blog memiliki fungsi dengan nilai guna tinggi karena blog bisa menjadi media kita untuk menyalurkan bakat menulis, mempublikasikan hasil karya dan apapun bisa dibagi melalui blog.
Pada umumnya tampilan tulisan atau postingannya tersusun terbalik dimana postingan terakhir tampil pertama kemudian disusul postingan yang lebih lama.
Blog bisa memudahkan seseorang dalam menuliskan apa yang ada dipikirannya dan kemudian dapat dibagi atau bisa di akses oleh siapa saja, mencakup semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Dalam dunia blog terkadang seseorang bergabung ke dalam sebuah ikatan yang terbentuk dari beberapa atau banyak blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya, inilah yang disebut komunitas atau grup.
Jadi setelah memiliki sebuah blog  anda bisa bergaul dengan komunitas blogger sesuai selera sehingga akan semakin banyak teman dan tentunya semakin menambah wawasan dan pengetahuan.











JENIS-JENIS BLOG

1.Blog Pribadi
Selama pengalamanku di dunia perbloggingan yang terbilang belum cukup lama ini, aku sedikit bisa mengamati bagaimana Blog-Blog pribadi itu. Biasanya jenis blog pribadi tidak menyembunyikan identitas si pemilik blog, gimana mau nyembunyiin, orang namanya blog pribadi, hehe. Blog pribadi umumnya juga lebih personal dari blog-blog lainnya. Blog pribadi ini sejenis diary elektronik bagi pemiliknya sehingga konten-konten ataupun postingan yang dibuat bersifat pribadi, misalnya curhatan atau pengalaman pribadinya.

2. Blog Tutorial
Sama seperti namanya, blog ini berisi tentang tutorial pembuatan atau pengoperasian sesuatu. Nah blog jenis ini nih salah satu blog yang paling banyaaak visitornya menurut pengamatanku. Coba aja bayangkan berapa kali klik yang bisa didapatkan sebuah blog yang didalamnya terbentang lautan informasi. Misalkan aja “Albab’s Blog, Tutorial Blog dan Komputer” yang didalamnya banyak banget informasi tentang tutorial, tips, dan trik tentang dunia blog dan Komputer. Aku jamin, para visitor bakalan betah nongkrong di blog itu atau bahkan bisa jadi blog itu di bookmark sama visitornya. Kok bisa ? ya iyalaah, orang informasi didalamnya mereka anggap penting dan mereka perlu itu. Misalkan aja Trik SEO Menaikkan Traffic Blog, mereka bukan hanya sekedar membaca tetapi juga mempraktekkan. Apabila yang mereka praktekkan belum berhasil mereka balik lagi ke halaman itu, mengecek ada salah ato ngga sama apa yang mereka lakuin, terus menerus begitu sampai mereka berhasil melakukannya. (pengalaman pribadi Albab kali..hehe)

3.Blog Bisnis
Kalo ini mah, aku yakin hampir semua Sobat Blogger tau. Blog yang sengaja dibuat untuk keperluan bisnis. Isinya sih macem-macem, ada blog yang jualan batagor, siomay, ama krupuk, hehe, becanda-becanda. Isinya beragam Sobat Blogger, ada yang berjualan berbagai macam barang seperti HP dan produk kecantikan. Ada pula yang menawarkan jasa, seperti pembuatan website, bisnis hostingan domain dan lain sebagainya. Menjualnya dengan online tentunya.

4. Blog Copy-Paste
Blog ini biasanya postingannya bejibun ampe ratusan bahkan ribuan mungkin. Lha wong adminnya kerjaanya copy-paste artikel milik orang lain. Blog ini walaupun postingannya banyak tetapi ngga disukai sama mesin pencari. Apalagi sekarang google memakai google panda, yang anti dengan artikel copy-paste. Selain itu, menurutku blog ini sia-sia alias ngga bermanfaat, buat apa artikel yang sudah ada di postingin lagi, alias memperbanyak artikel yang sudah ada. Para pengguna internet itu membutuhkan pemikiran-pemikiran baru dalam topik yang mereka cari, bukan artikel yang itu-itu aja. Mending di share di Facebook, twitter, atau jejaring social lainnya, sehingga pengunjung akan mampir ke blog pemilik artikel itu, ngga merugikan kan ?

5. Blog Kloningan
Sesuai namanya, blog ini merupakan anak buah dari blog induknya. Untuk suatu kepentingan tertentu blog-blog seperti ini dibuat. Blog-blog seperti ini juga yang menurutku paling rawan dengan penipuan, misalnya “modal 50 ribu, anda akan mendapatkan profit 10 juta/bulan secara OTOMATIS !”. Masa iya dengan berdiam diri dapat uang ? haha. Soalnya, dalam blog-blog kloningan itu ngga dicantumin nama pemilik blognya. Blog seperti ini juga nih yang biasanya suka nyampah alias SPAM di blog orang lain. Tetapi, ada sebagian orang yang memanfaatkan Blog-blog kloningan ini untuk demo suatu tutorial tertentu.












Cara membuat blog


Ada dua layanan blog gratis yang sering digunakan oleh para bloger untuk ngeblog, yaitu blogspot (bloger.com) dan wordpress. Tapi kali ini yang akan dibahas adalah panduan cara membuat blog dengan blogspot (blogger) dulu. bagi kamu yang ingin tahu cara membuat blog di wordpress silahkan.
1. Yang harus kamu siapkan dan wajib sebelum membuat atau bikin blog di blogspot (blogger) adalah memiliki email terlebih dahulu. email ini nantinya digunakan untuk mendaftar pertama kali.
2. Jika sudah membuat email, bukalah alamat www.blogger.com, dan pastikan yang muncul adalah halaman seperti di bawah ini
Description: cara membuat blog di blogspot
klik tombol orange yang bertuliskan Memulai, untuk mulai mendaftar.
3. Kemudian lengkapi formulir pendaftaran pembuatan blog di blogspot seperti gambar di bawah ini.
Description: cara membuat blog di blogspot
gambar di atas merupakan contoh, untuk isinya sesuaikan dengan data yang kamu miliki
pada kolom alamat email : masukan email kamu
ketik ulang alamat email : masukan lagi email yang sama seperti diatas
masukan sebuah password : masukkan kata kunci (minimal 8 karakter, bisa huruf bisa angka)
ketikan ulang sandi : masukan lagi password yang telah kamu masukan sama dengan yang di atas
Nama tampilan : isi nama kamu atau nama alias kamu (ini akan tampil bersamaan dengan posting, artikel yang kamu buat nanti)
verifikasi : masukkan gambar kata yang terdapat di atas kolom.
pada gambar di atas sudah saya sertakan contoh pengisiannya
jika sudah diisi semua lalu klik Tombol panah orange (Lanjutkan)

4.  setelah kamu klik tombol lanjutkan, nanti akan tampil halaman formulir untuk melengkapi judul blog dan alamat blog kamu
Description: cara membuat blog
Isilah Judul Blog dan Alamat blog sesuai dengan keinginanmu, jika alamat blog menggunakan 2 kata atau lebih gunakan tanda ( – ). karena blogspot tidak bisa menggunakan spasi. contoh pengisiannya perhatikan gambar di atas
terkadang alamat blog yang kita tulis sudah pakai oleh orang lain, jika sudah dipakai orang lain berati tidak bisa digunakan. Untuk mengetahui sudah dipakai orang lain atau belum Klik saja tombol “cek ketersediaan” jika belum dipakai orang lain, maka di bawahnya akan muncul tulisan warna hijau yang bertuliskan Alamat blog ini tersedia
jika sudah selesai menentukan judul dan alamat blog, silahkan klik tombol lanjutkan

5. Setelah kamu klik tombol lanjutkan, nanti akan tampil halaman untuk menentukan tema atau template blog kamu, seperti gambar di bawah ini.
Description: cara membuat blog

Untuk memilih template tinggal klik salah satu. kemudian  klik  tombol lanjutkan.
Setelah tombol Lanjutkan di atas diklik,  berarti blog kamu sudah jadi, hanya saja belum ada artikelnya sama sekali. Untuk memberi artikel pertama kali, silahkan klik tombol Mulai Bloggingseperti gambar di bawah ini.
Maka blog anda sudah jadi.







Cara mengisi artikel di blog 
6. Setelah kamu klik tombol mulai blogging nanti akan tampil halaman pengisian artikel.
gambar di bawah ini merupakan halaman pengisian artikel yang sudah disertai dengan contohnya.
Description: cara membuat blog

Kolom judul untuk judul artikel, kolom yang lebar di bawahnya itu untuk menulis artikel atau posting, dan kolom label untuk mengisi jenis kategory artikel.
jika sudah diisi semua, tekan menu TERBITKAN ENTRI, setelah itu akan muncul pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah berhasil menerbitkan posting atau artikel seperti gambar di bawah ini.  Untuk melihat tampilan artikel yang berhasil kamu buat tadi silahkan klik tombol Lihat Entri.
Description: cara membuat blog

Tampilan artikel di blog kamu akan tampak seperti gambar di bawah ini.
Description: cara membuat blog
Sekarang blog kamu sudah selesai dibuat dengan satu buah artkel.
Perhatikan sisi halaman pojok kanan atas yang dilingkari.  tombol entri baru untuk menulis artikel yang baru, tombol Desain untuk menentukan atau pengatur Desain, sedangkan tombol keluar untuk Log out, jika sudah setelah memposting artikel atau setelah mengatur blog kamu.
7. jika suatu saat nanti kamu ingin memposting artikel baru lagi, kamu tidak perlu mendaftar lagi… tinggal buka www.blogger.com kemudian masukkan email , dan paswod kamu , kemudian klik tombol “masuk”, dengan begitu kamu akan d bawa ke menu dashboard blogspot,
Description: cara membuat blog

Tampilan Dasrboard blogger kamu akan tampak seperti gambar di bawah ini, melalui halaman dashboard kamu bisa mengedit, membuat posting, ataupun mengatur setting blog kamu.
Description: cara membuat blog
8. Blog anda sudah terisi artikel

Terimakasih
J

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar