welcome

Hai hai hai ...
Blog ini adalah blog yang berisi hal-hal seputar pendidikan, kebahasaan, kesusastraan, percintaan dan umum...

Selamat datang di blog saya ...
Selamat membaca tulisan-tulisan saya ...
Semoga menggugah selera ...
Selera Anda adalah inspirasi saya ...


Oh ya jangan lupa silahkan juga kunjungi ...
*my twitter on https://twitter.com/misy_2014
*my email http://profile.yahoo.com/AKCYPOGQN3Q6NZG52KVHGINC6E/
*my linked in : https://id.linkedin.com/pub/anita-misriyah-missy/a4/9b5/31a
*my ask.fm http://ask.fm/mis_missy
*my instagram : anita_misriyah
*my line : Missy


Thank you all ...

Senin, 11 Juni 2012

Cara Bermain Catur Terbaik


Cara Bermain Catur yang Terbaik

Catur berasal dari India, dimana dalam bentuk awal abad ke-6 adalah chaturanga, yang diterjemahkan sebagai "empat divisi dari" militer - infanteri, kavaleri, gajah, dan kereta, masing-masing diwakili dengan gadai, ksatria, uskup, dan burung gagak Catur merupakan permainan yang membutuhkan strategi, kejelian dalam memperhitungkan kekuatan, dan target pasti dalam mencapai kemenangan. Bahkan bisa dibilang, bermain catur di atas papan catur tidak jauh berbeda dengan berperang di medan pertempuran.
 Catur terliahat sangat sederhana karena papannya hanya terdiri dari 8x8 kotak persegi. Namun sebenarnya dalam bermain catur terdapat banyak strategi yang dimainkan untuk segera melumpuhkan raja lawan. Cara dan strategi bermain catur inilah yang kemudian terus dikembangkan oleh para pemain profesional sehingga menciptakan sebuah sistem pertahanan dan menyerang yang sama baiknya. Belajar bermain catur layaknya belajar rubrik 3x3 karena butuh pemahaman dan ketelitian yang sangat tinggi. Seorang pecatur profesional bahkan melatih dirinya beberapa jam setiap hari sehingga pelatihan ekstensif ini menyebabkan terjadinya pergeseran aktivitas otak dari korteks serebral ke nukleus caudate.
Strategi bermain catur adalah juga belajar mengenali langkah lawan. Tidak memberikan sekak terlalu cepat biasanya dilakukan untuk mempelajari dahulu pergerakan bidak lawan. Karena itulah sebisa mungkin jangan menghalangi jalan gajah dengan pion agar gajah bisa bergerak dengan lebih leluasa. Dan untuk mencoba merusak konsentrasi lawan, maka melakukan gerakan cepat adalah senjata yang bisa anda mainkan. Mengikat jalan lawan adalah kunci keberhasilan seorang pemain catur yang baik. Dengan begitu ia tidak bisa menjalankan strategi yang sedang ia kembangkan. Kemampuan berpikir yang sering membingungkan lawan ini bisa anda ciptakan lewat variasi langkah yang mematikan.



Berikut tips bermin catur yang baik:
1.        Kuasai pusat, Ini sangat penting sekali.Kalau kita tak menguasi pusat petak catur, yaitu petak kotakan e4,d4,d5,e5 kita akan selalu kewalahan dan akan terus tertekan sepanjang pertandingan.Dan akhirnya hampir bisa dipastikan kalah.
2.        Jalankan kuda sebelum gajah diawal pembukaan. Ini memang tak mutlak dilakukan , tapi kuda memang lebih fleksibel kan di banding gajah.
3.        Jalankan gajah sebelum benteng, karena gajah memang harus dikeluarkan dulu sehingga ruang gerak kita akan longgar dan bebas bergerak
4.        Jalankan benteng sebelum menteri, Menteri memang harus dikeluarkannya terakhir.Tapi ada kalanya ini tidaklah mutlak dalam pembukaan tertentu dan kondisi tertentu.
5.        Rokade cepat. dengan rokade cepat diharapkan kita bisa langsung mengatur arah serangan kita.
6.        Lindungi buah. Ini mencegah kekalaan kita dari materi.
7.        Serang petak yang sama dengan banyak buah Ini untuk pemusatan serangan agar jangan sampai kita kekurangan amunisi ditengah tengah penyarangan
8.        Ciptakan penyergapan bila mungkin, bila perlu lakukan dengan pengorbanan yang indah.
9.        Ciptakan pengikatan bila mungkin. ini untuk mencegah lawan untuk melakukan counter attack.
10.    Kembangkan strategi pada setiap langkah. setiap langkah kita haruslah punya makna dan tujuan.

PEMBUKAAN PRAKTIS
a.        Sistem Pembukaan :
Macam dan jenis pembukaan didasari ciri langkah atau gerakan serta memiliki makna masing-masing sesuai karakternya dipandang dari segi posisi/strategi pembukaan Catur. Untuk mengetahui jenis-jenis pembukaan ini anda bisa lihat di postingan saya “nama-nama pembukaan catur”
b.        Pembukaan Populer :
Beraneka pembukaan dan pertahanan populer yang minimal harus anda ketahui dan diserap sebagai modal praktek,yang termasuk dalam pembukaan populer yaitu : Pembukaan Spanyol, Gambit Menteri, Pertahanan Sisilia, Pertahanan Caro-kann, Pertahanan Hindia Raja dll. Untuk pendalamannya pilih aja yang anda sukai, artinya yang sesuai dengan krakter anda

c.   Penguasaan Pembukaan :
Merupakan bentuk penguasaan Pembukaan disamping sebagai awal kemudian berkembang secara bertahap sesuai dengan pengendalian permainan dan kebutuhan praktek. Artinya pilih pembukaan kesukaan anda dan dalami mulai varian utama, varian cabang sampai ke ranting-rantingnya, sebab ini bekal untuk permainan catur anda yang akan datang.
Misalkan : Kalau anda pegang buah putih, pembukaan populer itu antara lain adalah menjalankan bidak dimuka Raja dua langkah atau bidak dimuka Menteri dua langkah kedepan,…nah anda pilih salah satu yang anda sukai, bidak muka Raja atau bidak muka Menteri ( jangan dalami keduanya ya!…otak kita tidak akan sanggup untuk itu semua, dan lagi pula itu “pemborosan energi”), artinya klo anda pilih bidak muka Raja maka pelajarilah seluruh jawaban yang berhubungan dengan pembukaan muka Raja seperti, Pertahanan Sisilia, Pertahan Caro-kann, Pertahanan Perancis dsb ( sekitar 12 macam yang penting aja ).
Begitu juga bila anda pegang buah hitam, maka anda cukup pelajari 2-4 pertahanan aja, misalnya : klo lawan buka dengan bidak muka Menteri dua langkah, maka pilih aja 1 atau 2 pertahanan ( misalkan : Gambit Menteri Ditolak …hehe..ini pembukaan kesukaan saya lho! atau Pertahanan Hindia Raja ), klo lawan buka dengan bidak muka Raja dua langkah, maka pilih aja 1 atau 2 pertahanan ( misalkan: Pertahanan Sisilia Naga....ini pembukaan kesukaan saya untuk menghadapi e4! atau Pertahanan Caro-kann ), setelah anda memilih pertahanan kesukaan anda maka dalami itu aja..gampangkan!

Untuk memdalami pembukaan catur, saya anjurkan anda pakai MCO 14 (Modern Chess Opening), buku ini berisikan seluruh pembukaan yang ada dalam permainan catur ( sangat lengkap ), mulai dari varian utamanya sampai keranting-rantingnya di terangkan disini. Harga MCO ini memang mahal juga sekitar Rp.350.000,.( ini harga yang copyan, bukan yang asli ),tapi klo anda ingin mendapatkannya dengan harga yang murah lihat aja diwww.bukucatur.com disini terdapat 100 ebook catur yang sangat bermutu dan juga ada Deep Fritz/Chessmaster ( catur komputer ini sangat berguna untuk lawan tanding anda).

d.        Hukum dan Strategi Pembukaan
1.      Janganlah melakukan langkah-langkah pembukaan secara otomatis dari buku, tanpa mengerti latar belakangnya
2.      Jangan terlalu banyak melangkah dengan bidak-bidak tanpa perhitungan untung ruginya, sebab bidak yang sudah maju tidak dapat mundur lagi.
3.      Pertahankan paling sedikit satu bidak di sentrum (petak-petak d4 d5, e4 e5).
4.      Perkembangan biji-biji dengan cepat, harmonis dan sedapat mungkin ke arah atau menguasai petak-petak sentrum.
5.      Jangan sampai kehilangan tempo dengan melangkah dua kali atau lebih dengan biji yang sama sebelum biji-biji lain berkembang, kecuali untuk menimbulkan kelemahan-kelemahan di daerah lawan yang dapat dimanfaatkan kemudian.
6.      Jangan mengeluarkan Menteri terlalu cepat di babak pembukaan, karena kita bisa kehilangan tempo jika diancam oleh biji lawan, kecuali mendapat keuntungan yang mutlak.
7.      Jangan menukar biji yang belum berkembang, sebab dengan demikian kita rugi tempo.
8.      Usahakan mendapat keuntungan tempo dari perkembangan biji lawan yang salah misalnya:
1. d2 – d4             d7 – d5
2. c2 – c4             Kg8 –f6?
3. c4 x d5            Kf6 x d5
4. e2 – e4 dan Putih menang tempo karena Kuda Hitam harus jalan dua kali Atau :
3. ……….  Md8 x d5
4. Kb1 – c3 Dan Putih juga menang tempo karena Menterinya Hitam harus jalan dua kali.
9.      Berilah tempat yang aman untuk Raja lewat Rokade, biasanya paling baik Rokade pendek tapi harus dipastikan terlebih dahulu apakah sesudah Rokade tidak terdapat titik-titik lemah yang dapat dimanfaatkan oleh lawan.
10.  Kuda hendaknya diperkembangkan lebih dahulu sebelum Gajah, mengingat daya kerja Kuda lebih pendek dari pada Gajah, hukum ini diangap kurang meyakinkan oleh teori modern.

e.         Rangkaian teori pembukaan
A. Pengontrolan Centrum
B. Perkembangan Biji-biji yang cepat.
C. Perkembangan Biji yang tak mudah diusir
D. Perkembangan Biji yang serasi (harmonis)
E. Penguasaan ruangan yang seluas mungkin.
F. Susunan bidak yang kuat.
G. Pengamanan Raja (Rokade)

BABAK TENGAH PRAKTIS

a.        Memahami kalkulasi :
Kalkulasi dan analisa dipelajari dengan pemahaman makna dan manfaat dan cara penataan berkalkulasi/beranalisa yang baik, cepat, tepat dan benar


b.        Memahami strategi & rencana :
Strategi dan rencana dipelajari secara metoda praktek agar diperoleh kejelasan makna dan paparannya. Kwalitas penyerapan harus didahulukan baru kemudian kwantitas, macam dan jenisnya,khususnya hal strategi.
c.         Memahami taktik & kombinasi :
Pemahaman taktik dan kombinasi dimulai dengan mempelajari contoh praktek sesuai macamnya yang ada, kemudian pemahaman secara kwalitas melalui uji coba. Untuk point a,b dan c diatas bisa anda pelajari dalam postingan saya yang berjudul “teori permainan tengah”.
d.        Partai Miniatur :
Penelaahan/mempelajari partai miniatur lebih bersifat membantu wawasan untuk serangan dan bertahan serta bermanfaat dalam penguasaan pembukaan, khususnya jebakan diawal permainan.Untuk mendalami partai mini ini, anda bisa lihat di postingan saya yang berjudul “Partai Catur Mini”.
e.         Penguasaan bentuk mat 1-3 langkah :
Membiasakan berlatih memecahkan posisi mat sebanyak mungkin yang bisa diserap, termasuk hingga posisi 3 langkah, makin cepat dan makin banyak bisa anda tebak dengan benar akan memberikan kemampuan dalam melihat dan berintuisi atas adanya posisi mat. Untuk mendapatkan problem catur 1-3 langkah mat ini, bisa anda lihat di postingan saya yang berjudul “problem catur” atau klo anda ingin memiliki ribuan problem catur, lihat aja diwww.bukucatur.com 

BABAK AKHIR PRAKTIS

a.        Babak Akhir Bidak :
Babak akhir yang akan sering ditemui dalam praktek, maka pengetahuan dasar harus anda pelajari hingga tingkatan yang lebih sulit ( R+bidakvs R, atau R+ 2bidak vs R+ 1 bidak dsb ). Penguasaan praktek dengan latihan akan lebih baik, sebab nantinya anda akan paham hubungan antara babak akhir ini dengan babak tengah.

b.        Babak Akhir minoritas :
Sebelum BA Bidak tentunya diawali BA Minoritas (Gajah atau Kuda) maupun BA Benteng, Untuk praktek awal, anda cari aja posisi-posisi dengan adanya keunggulan materi atau cukup hanya keunggulan posisi dan sering berlatih dengan posisi ini.( misalnya, R+G+ 2 buah bidak vs R+G, atau R+K vs R+K+bidak, atau R+G+ 4 bidak vs R+K+ 4 bidak tetapi salah satu unggul posisi, dsb)
c.         Babak Akhir Benteng :
BA Benteng sangat lazim dijumpai selain BA Bidak, anda harus mempelajari BA Benteng standar ( R+B+bidak vs R+B ), baru dilengkapi dengan yang lainnya. Pelajaran melalui contoh-contoh praktek akan sangat membantu anda untuk menciptakan atau mengarahkan posisi BA Benteng yang menguntungkan untuk anda.
d.        Babak Akhir Menteri :
BA Menteri adalah yang paling rumit, tapi ini perlu anda ketahui dan pelajari, caranya mulailah dulu dari yang gampang ( misal R+M vs R+bidak yang satu langkah lagi akan jadi Menteri dan yang giliran melangkah sekarang adalah yang punya Menteri, atau R+M vs R+B dsb ), baru kemudian bertahap ketingkat yang lebih rumit. Untuk mendapatkan segala bentuk permainan akhir ini, bisa anda dapatkan diwww.bukucatur.com dan sebagian ada juga dalam blog belajar catur ini.
e.         Meningkatkan imajinasi & intuisi dengan komposisi catur:
Komposisi ialah problem catur yang diciptakan oleh pengarangnya, walaupun temuan dalam praktek agak jarang namun kegunaanya dalam meningkatkan daya imajinasi dan penerapan intuisi dalam praktek, maka berlatih dengan bentuk-bentuk komposisi catur sangat membantu, terlebih lagi bila anda mampu memecahkannya.


7 TEKNIK BERMAINCATUR YANG MUDAH.

1.        Usahakan pion saling terhubung antara lain, jangan biarkan pion dalam keadaan bebas
2.        Langkahkan gajah sebelum benteng..cara ini berguna untuk elindungi pion dan mengecoh lawa.....
3.        Langkahkan kuda kesamping kanan atas....cara ini berguna untuk memberi gerakan pada benteng
4.        Langkahkan mentri untuk mengacaukan pikiran dan strategi lawan.....tapi lihat dulu pergerakan nya...jangan sampai terkunci oleh lawan....
5.        Usahakan memblockir raja dengan benteng, supaya benteng dapat melindungi satu sama lain..
6.        Buatlah suasana mencair dan jangan terlalu tegang dalam permainan kaena itu dapat menghilangkan strategi-strategi yang telah direncanakan.
7.        Berekspresilah seperti anda adalah pemain profesional yang mampu membuat lawan anda menjadi mindeer.....

HAL TENTANG CATUR YANG LAINNYA
                                                                                                       
a.        Faktor psikologi & mental :
Faktor ini juga sangat terasa sekali dalam permainan, misalnya merasa grogi berhadapan dengan pemain ternama, atau merasa putus asa karena sudah kalah buah atau kalah posisi dsb. Hal-hal seperti ini harus bisa anda atasi, nanti juga saya akan usahakan posting yang berhubungan denga psikologi & mental ini, sekarang sebagian sudah ada juga di blog catur ini, ya…silahkan anda lihat aja.

b. Komputer dan cara memanfaatkannya :
Sekarang komputer bukan barang langka lagi, jadi kalau mungkin anda usahakan mempunyai komputer, sebab dengan benda ini anda bisa main catur komputer lawan Deep Fritz, Chessmaster dsb, ini artinya anda tidak kesusahan lagi untuk mencari lawan tanding.
Dengan komputer anda juga bisa baca ebook catur yang dewasa ini paling banyak dibuat dan juga anda bisa baca database dan partai catur yang di mainkan dalam turnamen-turnamen tingkat dunia yang semuanya bisa anda dapatkan di internet. Sebab biasanya partai-partai ini di upload ke internet oleh penyelenggaranya


SUMBER:

http://keluarga-madinah.blogspot.com/2011/05/teknik-catur-hukum-strategi-babak.html

2 komentar:

  1. hii Maniez Jago Juga Bermain catur...kapan" Kita Tanding yah...hehehe

    BalasHapus
  2. @anonim_ hhehee tidak jago bermain catur koo,, yang jago itu adee dan ayah... mereka atlet catur... ^^

    BalasHapus