welcome

Heyy heyy heyy ...
Blog ini adalah blog yang berisi hal-hal seputar pendidikan, kebahasaan, kesusastraan, percintaan dan umum...

Selamat datang di blog saya ...
Selamat membaca tulisan-tulisan saya ...
Semoga menggugah selera ...
Selera Anda adalah inspirasi saya ...


Oh ya jangan lupa silahkan juga kunjungi ...
*my twitter on https://twitter.com/misy_2013


Thank you all ...

Senin, 11 Juni 2012

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 2 SEMARANG TAHUN 2011/2012


LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
DI SMA NEGERI 2 SEMARANG
TAHUN 2011/2012



Ditulis guna melengkapi salah satu persyaratan penyelesaian
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)


Oleh:
Anita Misriyah
NPM. 08410204
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


PUSAT PENGEMBANGAN PPL, MICROTEACHING
DAN SUMBER BELAJAR (P3MSB)
IKIP PGRI SEMARANG
2011
 

LEMBAR PENGESAHAN

Laporan hasil Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini, telah disetujui dan disahkan pada ;

Hari                 :
Tanggal           :



Menyetujui,

 Dosen Pembimbing,                                                      Guru Pamong,




Dra. Asrofah, M.Pd.                                                      Tri Handayani, S.Pd.
NPP. 936601104                                                             NIP.196904282005012009                                                                                                                                          
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Semarang,




Drs. H. Bambang Nianto Mulyo, M.Ed.
NIP. 196104291986031007



                                    KATA PENGANTAR

                   Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan laporan Praktik Pengalaman Lapangan ini dapat terselaisaikan. Sholawat serta salam praktikan sampaikan kepada Rasulullah SAW serta para keluarganya yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang diridhoi Allah SWT. Alhamdulillah akhirnya praktikan dapat menjalani serangkaian kegiatan PPL di SMA Negeri 2 Semarang dengan lancar tanpa hambatan berarti.
Penyusunan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan ini disusun sebagai salah satu syarat guna memenuhi tugas dari mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Semarang mulai dari tanggal 27 Juli sampai dengan 8 Oktober 2011. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa khususnya program kependidikan pada dunia kerja yang akan digelutinya. Disamping itu untuk memperoleh kesadaran profesional keguruan atau kependidikan yang lebih mendalam. Laporan ini juga dilengkapi dengan rencana dan rekam kegiatan mahasiswa praktikan selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan berlangsung.
Penulisan laporan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ini tidak terlepas dari bimbingan, bantuan dan saran dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini praktikan mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat:
1.      Drs. Muhdi, M.Hum., selaku Rektor IKIP PGRI Semarang yang telah memberikan izin Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
2.      Fenni Roshyanti, S.Pd., M.Pd, selaku Kepala UPT PPL IKIP PGRI Semarang.
3.      Ary Susatyo Nugroho, S.Si., M.Si selaku yang melaksanakan tugas UPT PPL IKIP PGRI Semarang.
4.      Dra. M. Th., Retnaningdyastuti, M.Pd., selaku Koordinator DPL di SMA Negeri 2 Semarang.
5.      Dra. Asrofah, M.Pd., selaku Dosen Pembimbing Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA Negeri 2 Semarang.
6.      Drs. H. Bambang Nianto Mulyo, M.Ed selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Semarang.
7.      Drs. Sumarno, selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana Prasarana dan Koordinator PPL.
8.      Drs. Moch. Ansori, selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum.
9.      Drs. Sarwono, selaku  Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan.
10.  Tri Handayani, S.Pd., selaku Guru pamong mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Semarang yang selalu memberikan bimbingan dan pengarahan selama Praktik Pengalaman Lapangan berlangsung.
11.  Segenap Guru dan Karyawan serta keluarga Besar SMA Negeri 2 Semarang.
12.  Siswa-siswi SMA Negeri 2 Semarang khususnya kelas X-7, X-8, X-9, XI-IS1, XI-IS2, XI-IS3, XI-IS4.
13.  Rekan-rekan Mahasiswa PPL di SMA Negeri 2 Semarang.
14.  Semua pihak yang telah membantu dari awal sampai akhir pelaksanaan PPL.
Tak ada gading yang tak retak adalah peribahasa yang pantas untuk menggambarkan kondisi laporan ini. Oleh kerena itu, praktikan mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan laporan ini selanjutnya.
Mudah-mudahan laporan ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya praktikan sebagai calon pendidik yang nantinya terjun dalam dunia pendidikan dan umumnya bagi pembaca untuk menambah pengetahuannya.


Semarang,      Oktober 2011
Praktikan,



Anita Misriyah
NPM. 08410204
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................................................................................................ i
HALAMAN LEMBAR PENGESAHAN............................................................................ ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... iii
DAFTAR ISI......................................................................................................................... v
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................................................ vii
BAB I  MASALAH-MASALAH YANG DIALAMI SELAMA PELAKSANAAN PPL
A.    Penyusunan RPP............................................................................................... 1
B.     Latihan Praktik Mengajar................................................................................. 2
C.     Bimbingan Belajar / Ekstrakurikuler................................................................. 2
D.    Partisipasi di Sekolah Latihan........................................................................... 3
E.     Proses Bimbingan dengan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing.................. 3
F.Lain-lain............................................................................................................... 4
BAB II  FAKTOR PENYEBAB DARI MASALAH YANG DIHADAPI
A.    Penyusunan RPP............................................................................................... 5
B.     Latihan Praktik Mengajar................................................................................. .5
C.     Bimbingan Belajar / Ekstrakurikuler................................................................. 5
D.    Partisipasi di Sekolah Latihan........................................................................... 5
E.     Proses Bimbingan dengan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing .................  6
F.      Lain-lain ........................................................................................................... 6
BAB III UPAYA PENANGGULANGAN MASALAH
A.    Penyusunan RPP............................................................................................... 7
B.     Latihan Praktik Mengajar................................................................................. 7
C.     Bimbingan Belajar / Ekstrakurikuler................................................................. 7
D.    Partisipasi di Sekolah Latihan............................................................................. 7
E.     Proses Bimbingan dengan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing..................... 8
F.      Lain-lain............................................................................................................ . 8


BAB IV   KESIMPULAN
A.    Simpulan............................................................................................................ .. 9
B.     Saran..................................................................................................................... 9
REFLEKSI DIRI.................................................................................................................... 10
LAMPIRAN


























DAFTAR LAMPIRAN

1.      Rekam Kegiatan
a.     Rekapitulasi Kegiatan PPL IKIP PGRI Semarang
b.    Forum Bimbingan Mahasiswa PPL IKIP PGRI Semarang  dengan DPL
c.     Forum Bimbingan Mahasiswa PPL IKIP PGRI Semarang dengan Guru Pamong
d.    Daftar Hadir Mahasiswa PPL IKIP PGRI Semarang
e.     Buku Tamu PPL IKIP PGRI Semarang
2.      Visi dan Misi SMA Negeri 2 Semarang                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
3.      Denah SMA Negeri 2 Semarang
4.      Susunan Pengurus PPL
5.      Daftar Nama Mahasiswa PPL
6.      Daftar Guru Pamong SMA Negeri 2 semarang
7.      Daftar Nama DPL
8.      Jadwal Mengajar Mahasiswa Praktikan
9.      Jadwal Mengajar Guru Pamong
10.  Kalender Pendidikan
11.  Perangkat Pembelajaran Kelas X dan XI
a.         Progam Tahunan
b.         Progam Semester
c.         Minggu Efektif
d.        Silabus Mengajar
e.         RPP Mengajar
12.  Jurnal KBM
13.  Daftar Hadir Siswa
14.  Daftar Nilai
15.  Lembar Soal Ulangan Harian
16.  Analisis Ulangan Harian
17.  Lain-Lain

BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
     IKIP PGRI Semarang adalah lembaga pendidikan yang salah satu misi utamanya adalah menyiapkan tenaga terdidik untuk siap bertugas dalam bdang pendidikan, baik sebagai guru maupun tenaga kependidikan lainnya yang tugasnya bukan sebagai tenga pendidik.
     Kegiatan PPL meliputi praktik mengajar, praktik administrasi, praktik bimbingan dan konseling serta yang bersifat kurikuler dan ekstrakulikuler yang berlaku di sekolah latihan. Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan oleh mahasiswa praktikan, sebagai bekal kesiapan sebagai seorang calon tenaga pengajar, calon konselor, calon laboran, seniman, perancang kurikulum, dan pendidik masyarakat. PPL dilaksanakan atas dasar tanggung jawab bersama antara IKIP PGRI Semarang dengan sekolah praktikan yang ditunjuk.
     Perkembangan dunia pendidikan dalam masyarakat ditandai dengan adanya penemuan-penemuan metode baru dalam sistem pembelajaran serta semakin terspesifikasi profesi kependidikan, menuntut adanya upaya peningkatan layanan pendidikan baik dalam penyelenggaraan praktik-praktik pendidikan maupun dalam proses penyipan tenaga kependidikan. Oleh karena itu, tugas-tugas yang harus dilaksanakan mahasiswa praktikan dalam pelaksanaan kegiatan PPL harus mendapat perhatian sungguh-sungguh, kerena kesiapan calon pendidik dapat dilihat dari tingkat keberhasilan mahasiswa praktikan dalam melaksanakan PPL. Sementara itu, keberhasilan mahasiswa dalam melaksankan PPL sangat bergantung pada faktor-faktor penyipan, administrasi dan organisasi penyelenggaraan, yang di dalam hal ini dikelola oleh UPT PPL bekerja sama dengan sekolah-sekolah atau tempat latihan lainnya yang ditunjuk.

B.    Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan
     Praktik Pengalaman Lapangan digunakan sebagai ajang latihan bagi mahasiswa agar memperoleh bekal dan pengalaman sejak dini untuk dapat menciptakan sistem belajar menhajar yang baik dengan mengetahui keadaan kelas sesungguhnya di lapangan dan belajar menilai kegiatan belajar dengan baik serta merancang suatu model pembelajaran yang efektif, sebelum secara langsung berada di kelas untuk mengajar yang sesungguhnya.

C.    Manfaat Praktik Pengalaman Lapangan
1.    Bagi Mahasiswa
a.    Memperoleh seperangkat pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang dapat menunjang tercapainya kompetensi pendidikan.
b.    Berlatih sebagai guru
c.    Memperoleh bekal pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola sekolah.
2.    Bagi lembaga IKIP PGRI Semarang
a.    Sebagai umpan balik dalam upaya menyempurnakan sistem pendidikan di lingkungan IKIP PGRI Semarang sesuai dengan kebutuhan pembangunan di bidang pendidikan.
b.    Mempererat dan meningkatkan kerja sama antara IKIP PGRI Semarang sebagai pengembang Ilmu pengetahuan dan teknologi (di bidang pendidikan) dan instansi-instansi pendidikan terkait.
3.    Bagi Sekolah Latihan
a.    Memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang dapat digunakan dalam pengembangan sekolah.
b.    Memperoleh bantuan dan pikiran dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan administrasi maupun akademik.



BAB II
MASALAH-MASALAH YANG DIHADAPI
SELAMA PELAKSANAAN PPL

A.  Penulisan RPP
Praktik pengalaman lapangan dilaksanakan selama dua bulan. Sebelum mengajar, guru akan terlebih dahulu menyiapkan suatu rancangan atau rencana dalam pembelajarannya. Rancangan atau rencana yang biasa kita sebut dengan rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP. Hal pembelajaran akan terkontrol dan terarah sesuai dengan tujuannya.
Mahasiswa praktikan, yang dalam hal ini diterjunkan untuk berlatih menjadi guru, juga dituntut untuk bisa mengajar. Mulai dari persiapan sampai evaluasi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sama halnya seperti guru, mahasiswa praktikan juga dituntut mengerti dan membuat serta mengatur administrasi guru. Salah satunya adalah persiapan mengajar, yaitu dengan menyusun RPP.
Penulisan RPP di bidang studi bahasa Indonesia sendiri tidak rumit. Segala sesuatu yang berhubungan dengan penulisan RPP dibantu sepenuhnya oleh guru pamong. Guru pamong mengarahkan langkah-langkah dalam penulisan RPP. Kami bekerjasama dengan sama baik sehingga dalam menyusun RPP tidak menemui permasalahan yang berarti. Beberapa permasalahan yang sedikit mengganggu pada awal penerjunan saya dalam pembuatan RPP adalah sebagai berikut:
1.    Susunan RPP yang sedikit berbeda dengan model RPP yang pernah ditemui penulis karena disisipi nilai karakter.
2.    Kesulitan dalam mengalokasikan waktu selama 45 menit dalam pembuatan RPP.




B.  Latihan Praktik Mengajar
Pelaksanaan latihan praktik mengajar merupakan inti kegiatan dalam  PPL. Pelaksanaan latihan mengajar sendiri terbagi menjadi beberapa tahapan. Tahap pertama adalah dengan pembimbingan guru pamong, dimana pembimbingan ini bertujuan untuk memberi masukan dan arahan dalam pengajaran selanjutnya. Proses ini berlangsung kurang lebih satu minggu, yang selanjutnya praktikan diberi waktu untuk mengajar secara mandiri. Hasil bimbingan tersebut diharapkan guru praktikan dapat menjadi calon guru atau calon tenaga kependidikan lain yang dapat mengajar secara profesional. Praktik mengajar pun menjadi salah satu penilaian yang utama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Adapun beberapa kendala yang saya alami selama melaksanakan praktik nya:
1.    Intonasi suara saya yang terlalu cepat sehingga terkesan terburu-buru dalam penyampaian materi.
2.    Kadang kurang mampu mengatur waktu pada kelas tertentu.
3.    Kadang masih belum bisa menguasai kelas dikarenakan siswa kurang memperhatikan pelajaran yang diterangkan oleh guru praktikan baru.

C.  Bimbingan Belajar / Ekstrakulikuler
Di SMA Negeri 2 Semarang terdapat beberapa ekstrakulikuler yang menjadi pilihan. Ada yang menarik perhatian saya yaitu teater. Kegiatan ini merupakan salah satu ekstrakulikuler yang diminati siswa SMA N 2 Semarang yang mempunyai bakat akting. Melatih kreativitas siswa dalam berakting. Ekstrakulikuler ini dilaksanakan pada hari Selasa dengan pembimbing Bapak Budi Himawan.
Hambatan yang saya hadapi adalah kurangnya komunikasi dengan pembina dan juga koordinator siswa. Kemudian jadwal latihannya yang kadang diganti hari senin.



D.  Partisipasi di Sekolah Latihan
Ada beberapa kegiatan yang diikuti saya dan peserta PPL yang lain diantaranya upacara bendera hari senin, senam pagi hari jumat.
Dalam mengikuti kegiatan tersebut, ada beberapa hal masalah yang dihadapi yaitu : pada saat pelaksanaan senam yang jadi kendala adalah waktu, karena pelaksanaannya pukul 06.00-06.30, yang menurut saya terlalu pagi.

E.   Proses Bimbingan dengan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
Pada tahap bimbingan, praktikan mendapat bimbingan dari guru pamong dan dosen pembimbing berupa kegiatan sebagai berikut :
1.      Praktikan diberi kepercayaan oleh guru pamong untuk mengajar tujuh kelas yaitu kelas X-7, X-8, X-9, XI-IS1, XI-IS2, XI-IS3, XI-IS4.
2.      Sebelum mengajar, praktikan diberi tugas untuk menyusun perangkat perencanaan pembelajaran.
3.      Setelah RPP disetujui oleh guru pamong, praktikan diizinkan mengajar di kelas di bawah bimbingan guru pamong.
4.      Setelah selesai mengajar di kelas, diadakan evaluasi tentang pelaksanaan pengajaran tersebut oleh guru pamong terkait kekurangan atau hal-hal apa yang harus diperbaiki lagi oleh praktikan.
5.      Di akhir masa PPL, diadakan penilaian yang dilakukan oleh dosen pembimbing bersama guru pamong.
Secara keseluruhan proses bimbingan dengan guru pamong dan dosen pembimbing berjalan dengan lancar dan tanpa kendala yang berarti. Praktikan selalu berusaha untuk menjadi guru yang terbaik selama proses PPL dengan arahan serta bimbingan dari beliau berdua.






F.   Lain-lain
Selain beberapa masalah yang dihadapi masalah di atas, ada bebrapa masalah yang dialami pada saat pelaksanaan PPL di SMA Negeri 2 Semarang, diantaranya :
1.   Ada berapa siswa yang kurang menghargai terhadap guru praktikan.
3.   Penggunaan media LCD kadang tidak bisa dimaksimalkan karena tidak bisa connect dengan computer.
BAB III
FAKTOR PENYEBAB
DARI MASALAH YANG DIALAMI

A.  Penulisan RPP
Adapun faktor-faktor penyebab yang membuat praktikan mengalami kesulitan dalam penulisan RPP, diantaranya :
1.   Sistematika atau format penulisan RPP yang berbeda yaitu disisipi nilai karakter.
  1. Dalam satu RPP terdiri dari beberapa indikator, jadi haruslah jeli dalam menuliskan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan indikator dan metode pembelajaran agar bisa tercakup 2x45 menit atau 4x45 menit.

B.  Latihan Praktik Mengajar
Masalah-masalah yang terjadi saat latihan praktik mengajar disebabkan oleh :
1.   Gaya bicara saya yang memang dengan intonasi cepat.
2.   Dalam mengelola kelas terkadang saya mengalami kesulitan. Penyebabnya anatara lain ada beberapa siswa yang sulit diatur, ramai, kurang memperhatikan guru praktikan, kurangnya bersikap tegas.

C.  Bimbingan Belajar / Ekstrakurikuler
Dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler terkadang saya malas untuk mengikutinya karena capek. Selain itu kegiatan tersebut dilaksanakan sore hari. Jadi jika ada kegiatan ekstrakulikuler, saya dan guru praktikan lain sudah merasa lelah.

D.  Partisipasi di Sekolah Latihan
Adapun penyebab adanya masalah partisipasi di sekolah, yaitu sebagai berikut: Dalam pelaksanaan senam kendalanya adalah masalah waktu pelaksanaan. Jadwal senam yang pelaksanaannya tidak tentu sehingga para praktikan terkadang salah informasi.
E.  Proses Bimbingan dengan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
Secara keseluruhan proses bimbingan dengan guru pamong dan dosen pembimbing berjalan dengan lancar dan tanpa kendala yang berarti. Praktikan selalu berusaha untuk menjadi guru yang terbaik selama proses PPL dengan arahan serta bimbingan dari beliau berdua. Selain itu, ada kendala yang sering dihadapi yaitu waktu. Kepadatan jadwal dosen pembimbing dan guru pamong membuat saya mengalami kesulitan apabila ingin melakukan bimbingan.

F.   Lain-lain
Untuk masalah yang lain faktor penyebabnya yaitu :
1.   Mengenai siswa yang kurang menghargai terhadap guru praktikan, ini disebabkan kurangnya pengertian dari mereka tentang keberadaan mahasiswa PPL serta sudah sifat dasar yang dimilki oleh setiap individu.
2.   Untuk masalah penggunaan LCD di kelas harus menggunakan perangkat tambahan adaptor agar LCD bisa dipergunakan.

BAB IV
UPAYA PENANGGULANGAN MASALAH

A.  Penulisan RPP
Dalam penulisan RPP sebaiknya:
1.   Pihak sekolah memberikan satu contoh RPP sehingga mempunyai gambaran tentang susunan RPP yang dipakai di sekolah tersebut yang disisipi nilai karakter.
2.   Guru pamong menjelaskan bagaimana cara menentukan indikator yang tepat sesuai dengan alokasi waktu.

B.  Latihan Praktik Mengajar
Dalam latihan praktik mengajar sebaiknya saya lebih meningkatkan lagi bagaimana mengatur intonasi suara sehingga dalam pembelajaran tidak terkesan terburu-buru. Pemilihan indikator yang cermat dan sesuai dengan alokasi waktu digunakan untuk menyiasati alokasi waktu yang sedikit sehingga tercapai sesuai indikator.

C.  Bimbingan Belajar / Ekstrakurikuler
Untuk kegiatan ekstrakurikuler sebaiknya dipilih hari yang jam pulangnya lebih awal, jadi pelaksanan ekstrkulikuler lebih maksimal. Ini dimaksudkan agar siswa yang ikut saat pelaksanaan tidak merasa lelah dan terus bersemangat.

D.  Partisipasi di Sekolah Latihan
Dalam hal ini upaya-upaya yang harus dilakukan sehubungan dengan masalah yang timbul yaitu praktikan sering membaca papan informasi yang ada di ruang guru sehingga setiap kali ada informasi yang baru, para praktikan akan tahu. Untuk senam sebiknya waktu diubah yaitu dari pukul 06.00-06.30 menjadi 06.30-07.00. Sehingga masuk kelasnya khusus hari jum’at pukul 07.15.
E.  Proses Bimbingan dengan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
Secara keseluruhan proses bimbingan dengan guru pamong dan dosen pembimbing berjalan dengan lancar dan tanpa kendala yang berarti. Praktikan selalu berusaha untuk menjadi guru yang terbaik selama proses PPL dengan arahan serta bimbingan dari beliau berdua.karena jadwal guru pamong dan dosen pembimbing sangat sibuk, kita harus pandai-pandai mengatur jadwal dengan guru pamong dan dosen pembimbing. Kalau ada  jadwal guru pamong yang kosong saya memanfaatkan waktu luang tersebut untuk bimbingan dan waktu istirahat terkadang saya gunakan untuk bimbingan juga..

F.   Lain-lain
Dalam hal ini upaya-upaya yang harus dilakukan sehubungan dengan masalah yang timbul adalah sebagai berikut :
1.   Melakukan pendekatan terhadap siswa dengan menumbuhkan sikap ramah tamah dan menghargai terhadap orang lain, memberi pemahaman tentang mahasiswa PPL.
2.   Perlu ditambah adaptor pada kelas-kelas tertentu yang LCDnya kurang bersahabat.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.  Simpulan
Simpulan yang diperoleh mahasiswa praktikan setelah melaksanakan PPL:
1.   Mendapatkan pengalaman dengan mengetahui kondisi lapangan yang sebenarnya. Dalam hal ini adalah lingkungan sekolah yang meliputi pembelajaran di kelas, administrasi sekolah, dan keadaan siswa.
2.   Dalam proses pembelajarannya, seorang guru harus menguasai materi sehingga dalam penyampaiannya tidak terkesan tidak siap dan tidak profesional.
3.   Seorang guru harus memiliki kesabaran dalam membimbing siswa yang   mempunyai karakter yang berbeda.
4.   Guru hendaknya sebelum mengawali pengajaran mempersiapkan perangkat mengajar yang diperlukan.
5.   Tujuan diadakan PPL adalah untuk membina mahasiswa menjadi calon mengaktualisasikan dengan prinsip-prinsip kependidikan, berdasarkan kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.

B.  Saran
Dari pelaksanaan PPL praktikan menyarankan :
1.   Sebagai seorang guru tidak cukup hanya bermodalkan ilmu pengetahuan yang tinggi, tetapi juga bagaimana cara penyampaian ilmu tersebut kepada siswa.
  1. Mahasiswa PPL diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah tempat PPL dan memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai bekal ketika terjun dalam masyarakat sebagai tenaga pendidik yang profesional.


REFLEKSI DIRI

            Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah semua kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh seluruh mahasiswa praktikan, sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang telah diperoleh dalam semester-semester sebelumnya, sesuai persyaratan yang telah ditetapkan agar praktikan memperoleh pengalaman dan keterampilan lapangan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah atau tempat lainnya.
Pelaksanaan Praktik Pengalamn Lapangan (PPL) di SMA Negeri 2 Semarang yang dilaksanakan mulai tanggal  27 Juli sampai 8 Oktober 2011, berjumlah 31 mahasiswa praktikan dari IKIP PGRI Semarang. Melalui kegiatan ini praktikan memperoleh banyak pengalaman dalam hal pembelajaran di kelas dan berhubungan dengan lingkungan sekolah.
            Selama kegiatan PPL ini, praktikan dibantu dan dibimbing oleh guru pamong Ibu Tri Handayani, S.Pd. Sebelum mengajar, praktikan selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan guru pamong. Guru pamong memberi kepercayaan kepada praktikan untuk mengajar siswa kelas X-7, X-8, X-9, XI-IS1, XI-IS2, XI-IS3, XI-IS4. Mahasiswa praktikan mengajar 14 kali pertemuan setiap minggu, dengan durasi setiap pertemuan 2x45 menit. Dengan diberi kesempatan mengajar itulah praktikan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman yang berharga walaupun praktikan masih banyak kekurangan dalam hal mengajar.
            Permasalahan yang dihadapi praktikan dalam proses pembelajaran adalah ketika siswa ramai dan tidak memperhatikan. Prektikan selalu berusaha mengkondisikan suasana kelas dengan menegur siswa yang ramai dan melakukan pendekatan kepada siswa supaya siswa tetap memperhatikan materi yang dijelaskan oleh praktikan. Dengan bersikap sabar dan dibimbing guru pamong, praktikan dapat menghadapi masalah yang terjadi di dalam kelas.
Mahasiswa praktikan mengajar dengan dibimbing guru pamong. Beliau membimbing dan memberitahu cara mengajar yang baik, membuat perangkat pembelajaran, dan lain-lain. Ibu Tri Handayani juga menunggu praktikan waktu mengajar dan  memberi masukan agar praktikan semakin hari semakin baik.
            Pihak lain yang ikut membantu adalah Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Dra. Asrofah, M.Pd., beliau sangat membantu selama kegiatan PPL berlangsung. Pengalaman beliau dalam membimbing mahasiswa PPL menjadikan beliau lebih profesional. Kemampuan beliau dalam mengelola kelas dapat dijadikan teladan bagi mahasiswa praktikan. Dosen pembimbing memantau serta membimbing praktikan dengan memberikan masukan serta solusi terhadap masalah yang dihadapi praktikan selama PPL berlangsung.
            Pada pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia, praktikan menyesuaikan dengan rencana proses pembelajaran yang sudah dikonsultasikan dengan guru pamong dan dengan menggunakan metode yang tepat yang dapat menarik perhatian siswa sehingga para siswa didalam kelas menjadi aktif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Ketepatan mengajar juga wajib praktikan perhatikan. Praktikan juga harus mematuhi dan mentaati aturan yang ada di SMA Negeri 2 Semarang dan menjaga nama baik Almater IKIP PGRI Semarang.
            Banyak sekali manfaat dan keuntungan yang diperoleh dalam PPL di SMA Negeri 2 Semarang, praktikan bisa tahu bagaimana cara mengajar di dalam kelas, bisa mengelola berbagai kelas dengan beraneka ragam karakter siswanya, membuat perangkat pembelajaran, bersosialisasi dengan warga SMA Negeri 2 Semarang dan memperoleh pengetahuan dan bekal pengetahuan mengelola kelas dan sekolah. Menjadikan mahasiswa praktikan berlatih menjadi pendidik yang professional, yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional.
            Demikian bentuk refleksi diri yang dapat praktikan sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca terhormat.
                                                                                    Semarang,     Oktober 2011
Guru Pamong,                                                             Mahasiswa Praktikan



Tri Handayani, S.Pd.                                                  Anita Misriyah
NIP 196904282005012009                                        NPM 08410204


2 komentar:

  1. Thanks..Posting anda sangat membantu dalam penyusunan LPPL kami..

    BalasHapus
  2. @anonim_ Alhmdulilah... senang bisa membantu Anda :)

    BalasHapus