welcome

Hai hai hai ...
Blog ini adalah blog yang berisi hal-hal seputar pendidikan, kebahasaan, kesusastraan, percintaan dan umum...

Selamat datang di blog saya ...
Selamat membaca tulisan-tulisan saya ...
Semoga menggugah selera ...
Selera Anda adalah inspirasi saya ...


Oh ya jangan lupa silahkan juga kunjungi ...
*my twitter on https://twitter.com/misy_2014
*my email http://profile.yahoo.com/AKCYPOGQN3Q6NZG52KVHGINC6E/
*my linked in : https://id.linkedin.com/pub/anita-misriyah-missy/a4/9b5/31a
*my ask.fm http://ask.fm/mis_missy
*my instagram : anita_misriyah
*my line : Missy


Thank you all ...

Senin, 05 November 2012

Menulis, menganalisis dan menanggapi Suatu Laporan


LAPORAN KUNJUNGAN KE PERUSAHAAN ROTI
       Pukul 07.30 rombongan yang terdiri dari siswa, guru pendamping, wali kelas bertolak menuju perusahan roti. Rombongan menuju perusahaan menggunakan bus. Tepat pukul 10.00 kami diterima oleh kepala bagian operasional perusahaan tersebut. Ibu Teti Pujiati, S.E. namanya. Rombongan diterima di aula perusahaan ini. Ibu Teti Pujiati di damping kepala bagian pemasaran yg bernama Ibu Rina, S.H. memberi penjelasan kepada rombongan itu. Ibu Teti Pujiati memberikan gambaran pemprosesan dari bahan kasar sampai menjadi roti siap saji. Ibu Rina memberikan penjelasan system pemasaran roti tersebut.
         Ada beberapa teman yang bertanya seputar penjelasan kedua ibu tersebut. Saya bertanya bagaimana mengetahui peredaran roti yg sudah kadarluasa dan bagaimana dari toko ke perusahaan ini. Ibu Rina menjawab pertanyaanku . “Bagian pemasaran sudah mempunyai catatan berdasarkan peta persebaran distribusi dan setiap tiga hari sekali petgas menarik dan mengganti roti yang  baru .” Ibu Teti memberikan penjelasan bahwa perusahaan roti ini tidak menghasilkan limbah jawaban ini karena ada teman yang bertanya tentang penanganan limbah.
Kami bersama rombongan sangat senang ketika diajak keliling di perusahaan roti ini.Kami diberi kesempatan untuk melihat bagian perbagian. Setelah mengelilingi proses pembuatan roti kami beserta rombongan dipersilahkan menikmati roti perusahaan tersebut.

Pokok –Pokok Laporan
1.      Pukul 07.30 rombongan menuju perusahaan menggunakan bus. Ibu Teti Pujiati memberikan gambaran pemrosesan dan bahan dasar sampai menjadi roti siap saji. 
2.      Saya bertanya bagaimana mengetahui peredaran roti yang sudah kadarluasa dan bagaimana penarikannya dari toko ke perusahaan ini
3.      Setelah mengelilingi proses pembuatan roti kami beserta rombongan dipersilahkan menikmati roti perusahaan tersebut.

Indikator waktu
                 
1.      Pukul 07.30 rombongan yg terdiri dari siswa, guru pendamping, wali kelas                         bertolak menuju perusahaan roti.
2.      Tepat pukul 10.00 kami diterima oleh kepala bagian operasional perusahaan tersebut .
3.      Ibu Teti Pujiati didampingi kepala bagian pemasaran yang bernama Ibu Rina S.H. memberi penjelasan kepada rombongan itu. 
4.      Setelah mngelilingi proses pembuatan roti kami beserta rombongan dipersilahkann menikmati roti perusahaan tersebut.


Ringkasan
    
Pukul 07.30 rombongan yang terdiri dari siswa, guru pendamping, wali kelas bertolak menuju perusahaan roti. Rombongan menuju perusahaan menggunakan bus. Tepat pukul 10.00 kami diterima oleh kepala bagian operasional perusahaan tersebut. Rombongan diterima di aula perusahaan ini. Ibu Teti Pujiati memberikan gambaran pemrosesan dari bahan dasar sampai menjadi roti siap saji. Ibu Rina memberikan penjelasan system pemasaran roti tersebut. Setelah mengelilingi proses pembuatan roti kami beserta rombongan dipersilahkan menikmati roti perusahaan tersebut.   

Kesan
 Menurut saya yang paling saya sukai saat menikmati roti di perusahaan tersebut. Rotinya sangat enak.




Analisis laporan

1.        Isi Laporan
Laporan tersebut berisi kunjungan ke Perusahaan Roti
2.        Bentuk Laporan
Ditinjau dari bentuk laporan, penyampaian tersebut disampaikan dalam bentuk narasi dengan bahasa resmi.
3.        Kronologi Waktu
Kronologi waktu kejadian merupakan peristiwa kurang urut.
4.        Kebahasaan
Menggunakan bahasa yang resmi atau formal.
5.        Kelengkapan Data
Kata dan penjelas pendukung disampaikan secara kurang lengkap.


KRITIK
Ø  Suara kurang jelas (Dwi)
Ø  Berikan contoh bahwa yang tidak resmi (Anes)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar