welcome

Hai hai hai ...
Blog ini adalah blog yang berisi hal-hal seputar pendidikan, kebahasaan, kesusastraan, percintaan dan umum...

Selamat datang di blog saya ...
Selamat membaca tulisan-tulisan saya ...
Semoga menggugah selera ...
Selera Anda adalah inspirasi saya ...


Oh ya jangan lupa silahkan juga kunjungi ...
*my twitter on https://twitter.com/misy_2014
*my email http://profile.yahoo.com/AKCYPOGQN3Q6NZG52KVHGINC6E/
*my linked in : https://id.linkedin.com/pub/anita-misriyah-missy/a4/9b5/31a
*my ask.fm http://ask.fm/mis_missy
*my instagram : anita_misriyah
*my line : Missy


Thank you all ...

Jumat, 08 Maret 2013

Contoh Meringkas Buku


 

 RINGKASAN BUKU


               
Judul              : Dunia Durian
            Penyusun       : Redaksi Trubus
            Penerbit         : PT Trubus Swadaya, Cetakan I, 2012
            Tebal              : vi + 122 hal

            Ringkasan :
            Buku ini berisi tentang kumpulan jenis durian. Terbagi dalam tiga bab, buku ini menyajikan berbagai jenis durian di Indonesia dan mancanegara seperti di Singapore dan Malaysia. Buku ini juga menyajikan berbagai makanan unik dari bahan durian.

            Bab 1 mengenai kelezatan durian bagi pecinta buah kemudian berbagai jenis durian unik yang tersebar di Nusantara. Di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ada durian matahari. Durian ini memiliki daging buah berwarna kuning cerah sampai jingga dan tebal. Kemudian berdasarkan hasil eksplorasi Dinas Kehutanan di Banyuwangi, Jawa Timur, tumbuh durian berdaging merah yang biasanya hanya ditemukan di Kalimantan. Bagian timur Indonesia juga menyimpan kekayaan variasi durian yang menakjubkan yaitu durian pelangi. Durian tersebut memiliki daging buah berwarna jingga kemerahan.

Seorang koki, Puji Purnama mampu mengkreasikan makanan berbahan durian. Ia menyajian pizza dengan toping durian. Namun tak semua durian cocok. Ia menghindari durian berasa masam dan yang masih keras. Kemudian ada pula onde-onde isi durian, puding durian. Hidangan unik lain adalah srikaya (nama kue khas Palembang) durian yang dikemas dalam kulit labu kabocha. Srikaya berupa durian, telur, tepung beras, santan, gula, garam yang diblender dan dikukus. Yang menarik biji durian pun dapat diolah menjadi hidangan. Puji mengolahnya manjadi perkedel. Biji durian dihaluskan bersama bumbu dan bahan perkedel lainnya kemudian digoreng.

Bab 2 paling banyak memuat berbagai jenis durian di Nusantara. Mulai dari durian yang terkenal di Jawa Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kepulauan Riau dan daerah Indonesia Timur. Memberikan wawasan tentang durian disertai dengan gambar yang membuat pembaca dapat membayangkan secara langsung. Ternyata cara menikmati durian tidak hanya langsung dimakan. Namun, masyarakat Pontianak, Kalimantan Barat, mambakar durian matang pohon hingga gosong. Kulit buahnya menghitam dan terlihat gosong. Pembakaran durian ini bertujuan untuk mengurangi bau menyengat dari durian serta mambuat rasa durian lebih manis berpadu dengan hangat.

Sebuah perkebunan di Jakarta memanen durian beranak. Maksudnya, durian ini memiliki buah ganda karena setelah membelah benangsari membuahi sel telur. Namun, sel hasil pembelahan itu menyerbuki sinerkida atau sel pendamping sehingga menghasilkan buah mungil dalam durian. Umumnya kejadian ini amat langka. Kemudain durian unik juga terdapt di Bogor. Durian ini tidak memiliki sekat, pongge yang semestinya melekat ke hati, yaitu bagian tangah justru menempel ke kulit.

       Durian tanpa sekat ini, memiliki porsi lebih banyak daripada yang biasa. Adapula durian botak dan gundul di Kasembon, Malang, durian ini memiliki duri sangat pendek dan botak seperti kulit sukun. Namun, rasanya masih seperti durian pada umumnya.

Bab 3 membahas mengenai berbagai durian yang terkenal di negara tetangga. Seorang jutawan dari Republik Rakyat China berani menurunkan pesawat pribadinya untuk menikmati durian di Malaysia, ia memilih musang king. Penampilan musang king memang menggiyurkan, teksturnya lembut, tidak berserat dan daging buahnya sangat tebal, tapi bijinya hampir semuanya kempes. Di Indonesia ada sebuah restoran  kawasan Jakarta Utara yang menjual musang king dengan harga termahal. Kemudian durian terkenal lain di Malaysia adalah durian johan, daging buahnya kuning dan tebal serta rasanya manis. Adapula durian dari Malaysia yang memiliki daging buah yang tebal yaitu green fifteen.

Durian monthong yang terkenal itu ternyata berasal dari Thailand. Salah satu kota di Thailand, Bangkok, mampu mengekspor durian ini ke berbagai Negara. Sehingga durian monthong menjadi popular di sentra durian di luar Negeri Gajah Putih seperti Indonesia dan Malaysia. Thailand juga terkenal dalam hal mengolah durian. Keripik bercita rasa gurih dengan campuran durian merupakan salah satu oleh-oleh di Negeri Gajah Putih itu. Sehingga durian merupakan buah yang banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia dan sekitarnya.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar