PEMBELAJARAN NILAI ESTETIKA TEKS LAGU ALBUM
CINTA AKU GILA KARYA T2 DENGAN
PENDEKATAN PAIKEM PADA SISWA
KELAS X SMA NEGERI 2 SEMARANG TAHUN AJARAN
2011/2012
Oleh:
Anita Misriyah
NPM 08410204
Bahasa Indonesia
merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari.
Karena bahasa merupakan media yang sangat penting untuk berkomunikasi dalam
kehidupan sehari-hari. Bertukar pikiran, dan pengalaman saling berinteraksi
dengan orang lain dilakukan dengan menggunakan bahasa. Penggabungan karya sastra
ke dalam pengajaran bahasa (Indonesia) memang wajar dan dapat dimengerti, sebab
bahasa merupakan sarana pengucapan sastra, Bahasa merupakan salah satu bentuk
sastra yang sangat penting. Khususnya karya sastra yang berwujud puisi. Wujud
sastra adalah bahasa. Sastra merupakan karya seni yang bermediakan bahasa yang
unsur-unsur keindahan menonjol seperti karya sastra puisi/teks lagu.
Menurut Shipley (dalam
Ratna, 2007:3-4) secara etimologis
estetika berasal dari bahasa Yunani, yaitu aistheta, yang diturunkan juga dari aishete (hal-hal yang bisa ditanggapi dengan indra). Dalam
pengertian luas, berarti menilai suatu objek dengan kepekaan pancaindra sebagai
sensitivitas. Dalam bahasa Indonesia menjadi estetikus, estetis, dan estetika
yang masing-masing orang yang ahli dalam bidang keindahan, bersifat keindahan
dan keindahan itu sendiri. Estetika juga berkaitan dengan genre, yakni puisi, prosa, dan drama. Estetika dalam sastra yang
paling banyak ditunjukkan melalui puisi/teks lagu. Misalnya melalui unsur-unsur
seperti sajak, rima dan keseluruhan gaya bahasanya yang mendominasi. Keindahan
dalam sebuah puisi sering disebut karya seni yang bersifat prismatis atau tidak
transparan yang artinya menimbulkan berbagai penafsiran makna.
Berkaitan dengan lagu yang bertemakan nilai estetika dalam Album Cinta Aku Gila Karya T2 adalah penggarang dengan teks lagu identik dengan keindahan
disetiap karya teks lagunya, hal ini bisa terlibat disetiap makna kata dalam
baris dan hubungan pertalian antara bait kesatu dengan bait yang lain. T2 adalah sebuah grup vokal duo
Indonesia yang dibentuk pada tahun 2007. Personil mereka terdiri dari Tika dan Tiwi. Keduanya adalah jebolan Akademi Fantasi Indosiar (AFI) 2005.
Sebagai grup duo keduanya telah merilis album perdana, OK (2007) dengan
lagu andalan berjudul sama. Album debut mereka mampu menyabet Platinum Award, dengan jumlah penjualan yang sampai bulan
Mei 2008 menembus 125 ribu kopi dan RBT 734 ribu. T2 juga dinobatkan sebagai
Duta Anti Pembajakan
Analisis nilai estetika
dalam teks lagu album Cinta Aku Gila
karya T2 dapat dijadikan bahan pembelajaran sastra pada siswa SMA Kelas X
Semester Genap dalam aspek berbicara yakni berstandar kompetensi mengungkapkan
pendapat terhadap puisi melalui diskusi dan berkompetesi dasar membahas isi
puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran dan imajinasi
melalui diskusi. Dunia pendidikan
memerlukan estetika, sebab keindahan sangat diperlukan bagi manusia khususnya
siswa. Energi keindahan seperti irama, musik dan gaya bahasa dalam karya sasta
membangitkan energi jasmani dan rohani. Diperlukan untuk membangun kehidupan
yang cerdas, kompetitif, terampil, kaya ilmu pengetahuan dan wawasan, berbudi
pekerti luhur, berderajat mulia, lebih mencintai dan menghargai keindahan karya
sastra. Hal ini menjadi tugas seorang pendidik. Dalam proses pembelajaran, guru
harus mampu mengemas pembelajaran apresiasi sastra secara menarik dan tidak
membosankan sehingga peserta didik lebih memahami dan menghargai nilai
keindahan karya sastra bangsa Indonesia.
Proses Pembelajaran
di sekolah masih cenderung berpusat pada guru. Pembelajaran sastra masih
berorientasi kepada penguasaan materi, siswa hanya menghafal materi.
Pembelajaran seperti ini memang terbukti berhasil dalam kompetensi mengingat
dalam jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan masalah dalam
kehidupan jangka panjang. Pembelajaran berbasis PAIKEM diyakini dapat membantu
siswa tidak hanya mampu menyerap pengetahuan, tetapi juga mampu menggunakan
pengetahuannya dalam memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran PAIKEM membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir tahap
tinggi, berpikir kritis dan berpikir kreatif (Jauhar, 2011:1).
Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan
siswa maupun guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Semarang
menyatakan bahwa pembelajaran nilai estetika teks lagu masih langka di sekolah
dan keindahan sebuah puisi/teks lagu yang bersifat transparan menimbulkan
berbagai penafsiran makna yang membuat siswa susah untuk memahami maknanya,
sehingga menyebabkan kemampuan siswa dalam menentukan nilai estetika puisi/teks
lagu masih rendah. Serta gaya guru mengajar materi puisi yang masih cenderung
kurang bervariasi. Berdasarkan
uraian tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang pembelajaran nilai estetika
teks lagu album Cinta Aku Gila Karya
T2 dengan
pendekatan PAIKEM pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Semarang tahun ajaran
2011/2012.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1)
bagaimanakah nilai estetika teks lagu dalam album Cinta Aku Gila karya T2? dan (2) bagaimanakah pembelajaran nilai
estetika teks lagu dalam album Cinta Aku
Gila karya T2 dengan pendekatan PAIKEM pada siswa kelas X SMA Negeri 2
Semarang? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendiskripsikan nilai estetika teks lagu
dalam Album Cinta Aku Gila karya T2
dan (2) mendiskripsikan pembelajaran nilai estetika teks lagu dalam album Cinta Aku Gila karya T2 dengan
pendekatan PAIKEM pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Semarang. Manfaat penelitian
ini yaitu manfaat teoritis dan praktis. Manfaat teoritisnya dapat menambah
pengetahuan dan memperkuat
teori-teori yang berkenaan dengan nilai estetika pada teks lagu dalam album Cinta Aku Gila Karya T2 dan pendekatan
PAIKEM. Manfaat praktis bagi guru dapat meningkatkan kreativitas,
profesionalitas guru kaitanya dalam proses pembelajaran nilai estetika teks
lagu, bagi siswa memberikan solusi dalam mengatasi kesulitan menganalisis isi
puisi/teks lagu pada siswa kelas X Semester Genap SMA Negeri 2 Semarang, serta
mempermudah siswa guna memahami segala hal tentang nilai estetika. Bagi sekolah
dapat mendorong guru-guru di sekolah agar lebih kreatif dalam mengajar. Dapat
dijadikan sebagai pijakan awal untuk melanjutkan penelitian yang telah ada kearah
penelitian yang lebih sempurna
Teori yang melandasi penelitian ini meliputi teori
Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Berdasarkan KTSP, Teori
Pembelajaran, Teori Puisi, Nilai Estetika, Pendekatan Pembelajaran PAIKEM, dan
Kerangka Berpikir. Pembelajaran berdasarkan makna leksikal berarti proses,
cara, perbuatan mempelajari. Perbedaan esensil istilah dengan pengajaran adalah
pada tindak ajar. Pada pengajaran guru mengajar, peserta didik belajar,
sementara pada pembelajaran guru mengajar diartikan sebagai upaya guru
mengorganisasi lingkungan terjadinya pembelajaran (Suprijono, 2011:13).
Berikutnya secara etimologis, estetika berasal dari bahasa Yunani, yaitu aistheta, yang diturunkan juga dari aishete (hal-hal yang bisa ditanggapi
dengan indra). Dalam pengertian luas, berarti menilai suatu objek dengan
kepekaan pancaindra sebagai sensitivitas (Ratna, 2007:3). Untuk pengertian teks
lagu adalah kata-kata asli dari pengarang tentang ungkapan perasaan yang
dimilkinya dan terdapat ragam suara yang berirama. Nyanyian-nyanyian yang
banyak dilakukan adalah contoh puisi yang populer. Bahasanya yang mudah
dimengerti kerena pendengar harus memahami isi lagu yang didengarkan (Waluyo,
2003:2). Serta PAIKEM ialah pendekatan mengajar (approach to teaching) yang digunakan bersama metode tertentu dan
pelbagai media pengajaran yang disertai penataan lingkungan sedemikian rupa
agar proses pembelajaran menjadi aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
(Jauhar, 2011:150).
Memang orang tidak
akan memahami puisi/teks lagu secara
sepenuhnya tanpa mengetahui dan menyadari bahwa puisi itu karya estetis yang
bermakna, yang mempunyai arti, bukan sesuatu yang kosong tanpa makna. Maka dari
itu, dalam pembelajaran di sekolah untuk mengerti dan memahami nilai estetika
teks lagu dibutuhkan suatu cara yang tepat, supaya siswa mampu bekerjasama
antara yang satu dengan yang lain. Karena dengan begitu setiap siswa akan
merasa lebih terbantu dan saling tukar pikiran dalam pembelajaran memahami isi
sebuah puisi guna menentukan nilai estetika secara berkelompok. Dalam proses pembelajaran, guru harus mampu mengemas
pembelajaran secara menarik dan tidak membosankan sehingga peserta didik lebih
memahami dan menghargai nilai keindahan karya sastra bangsa Indonesia.
Salah satu pendekatan
pembelajaran yang dapat digunakan adalah pendekatan PAIKEM. Suatu pendekatan
pengajar yang digunakan bersama metode tertentu dan pelbagai media pengajaran
yang disertai penataan lingkungan sedemikian rupa sehingga pembelajaran menjadi
aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Pendekatan pembelajaran
ini lebih menekankan kerja kelompok dalam menganalisis sebuah masalah. Siswa
diharapkan lebih mudah dalam memahami nilai estetika teks lagu, karena di sini
siswa dituntut kerjasama dan tukar pikiran dalam memahaminya. Dengan beberapa
hal tersebut, maka diharapkan pembelajaran nilai estetika teks lagu album Cinta
Aku Gila Karya T2 relevan untuk digunakan dengan pendekatan PAIKEM pada siswa
kelas X SMA Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012.
Jenis pendekatan sastra
dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan objektif karena penganalisis
memandang karya sastra sebagai keutuhan makna. Menganalisis unsur-unsur yang
berada didalam karya sastra tersebut. Beerikutnya enelitian ini menggunakan variabel
terikat dan bebas. Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi yakni
Pembelajaran Nilai Estetika Teks Lagu dalam Album Cinta Aku Gila Karya T2.
Sedangkan variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi yakni pendekatan
PAIKEM. Selanjutnya populasi dalam penelitian ini adalah semua teks lagu yang
terdapat dalam Album Cinta Aku Gila karya T2 yang berjumlah 11 lagu (sebagai
objek penelitian), diantaranya Bibi, Ku
Punya Pacar, Para Lelakiku, Cinta Aku Gila, Tak Jodoh, Kenapa Mau Denganku,
Stop Baby, Tell Me, dan Punya Limit, Mata Lelaki, dan Hello Baby. Kemudian
subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 2 Semarang
tahun ajaran 2011/2012. Sedangkan ciri spesifik yang digunakan untuk menentukan
sampel adalah dengan cara mencari teks lagu yang bernuansa indah. Melalui ciri
tersebut sampel yang dipilih dalam penelitian ini meliputi 3 teks lagu yang
diambil dalam Album Cinta Aku Gila karya T2. Teks lagu tersebut yang berjudul
Cinta Aku Gila, Tak Jodoh, dan Bibi. Kemudian subjek penelitiannya ialah
mengambil sampel siswa kelas X-9 SMA Negeri 2 Semarang.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa berbentuk tugas-tugas yang
dikerjakan siswa untuk mendapatkan data tentang kemampuan siswa menemukan nilai
estetika baik secara kelompok maupun individu. Sedangkan teknik nontes berupa
kepustakaan, lembar observasi baik pada pertemuan petama maupun kedua, angket
untuk siswa maupun guru dan dokumentasi. Bertujuan untuk memperoleh informasi
tentang tingkah laku kognitif untuk menjawab permasalahan yang diteliti.
Berikutnya Teknik analisis data meliputi metode analisis dan deskriptif. Metode
analisis digunakan untuk menganalisis nilai estetika teks lagu album Cinta Aku Gila Karya T2, metode deskriptif
digunakan untuk menggambarkan data-data kualitatif dari lembar observasi,
angket dan kemampuan siswa menemukan nilai estetika. Data tersebut dijabarkan
dalam bentuk kata-kata, kemudian dikerucutkan dan ditarik kesimpulan. Untuk
data yang diperoleh dari angket atau responden siswa dan kemampuan siswa
menemukan nilai estetika teks lagu dihitung dengan rumus persentase dan
Dalam
penelitian ini ditemukan kajian
nilai estetika teks lagu album Cinta Aku
Gila karya T2 meliputi keindahan fenomena penuh bunga-bunga dan aroma,
keindahan seperangkat bahasa, dan keindahan unsur-unsur pembangun sastra.
Selanjutnya ditemukan sifat-sifat baik/keindahan di dalamnya karena ada unsur
kesatuan setiap bait puisi, kerumitan yang menimbulkan makna kabur, dan
kesungguhan yang menjadikan puisi tersebut memiliki kualitas yang menonjol.
Serta ditemukan ragam bentuk nilai estetis. Ada ragam inderawi, ragam bentuk,
dan ragam perserikatan. Nilai Estetika teks lagu album Cinta Aku Gila karya T2 mengungkapkan setiap keindahan yang
terdapat pada setiap kata-kata dalam teks dan terkandung berbagai masalah
kehidupan khususnya dalam hal percintaan yang menimbulkan pengalaman estetis. Secara
keseluruhan mengungkapkan tentang kisah cinta dengan berbagai permasalahan yang
terkadang hampir mirip, namun berbeda cara pengungkapannya. Teks lagu Cinta Aku Gila mengungkapkan kekuatan
cinta seseorang yang sangat dalam terhadap seseorang yang sangat dikasihinya,
Sedangkan teks lagu Tak Jodoh
mengungkapkan kerelaan seseorang dalam menerima takdir cinta yang tidak
berjodoh dengan kekasihnya. Dan teks Lagu Bibi
menceritakan kebangkitan seseorang dari pengalaman pahitnya gagal bercinta.
Pembelajaran
nilai estetika teks lagu album Cinta Aku
Gila Karya T2 dengan pendekatan PAIKEM pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 2
Semarang tahun ajaran 2011/2012 meliputi 3 aspek yaitu penerapan pembelajaran
itu sendiri yang didapat dari lembar observasi bertujuan untuk mengamati
pembelajaran nilai estetika teks lagu album Cinta
Aku Gila Karya T2 dengan pendekatan PAIKEM pada siswa kelas X SMA Negeri 2
Semarang dari awal hingga akhir pembelajaran baik pada pertemuan pertama maupun
kedua dengan berbagai hambatan-hambatan yang dihadapi beserta langkah tepat
menentukan solusinya. Selanjutnya respon siswa dan guru yang memberikan respon
positif terhadap penelitian ini. Siswa menjadi aktif dan semakin antusias dalam
belajar. Siswa merasa senang dan tertarik karena merasa mendapat pembelajaran
baru yang belum pernah mereka dapatkan di sekolah. Serta kemampuan siswa menemukan nilai estetika secara
individu maupun kelompok. Rata-rata nilai diskusi kelompok mencapai 87,00 dan
nilai individu mencapai 84,81. Nilai-nilai
tersebut termasuk kategori baik dan sudah tuntas. Tidak ada siswa yang tidak
tuntas. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran nilai estetika teks lagu album Cinta Aku Gila Karya T2 dengan
pendekatan PAIKEM pada siswa kelas X SMA
Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012 dapat dikatakan berhasil dan dapat
diterima.
Saran
yang dapat diberikan adalah guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kiranya
dapat membelajarkan nilai estetika teks lagu album Cinta Aku Gila Karya T2 dengan
pendekatan PAIKEM karena dapat meningkatkan profesionalitas dan kinerja guru,
menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Hendaknya guru dapat mengembangkan materi agar
menarik minat siswa untuk belajar, seperti teks lagu album Cinta Aku Gila Karya T2. Untuk siswa kiranya dapat mengembangkan
kreativitasnya dan lebih mengasah kemampuannya. Hendaknya siswa lebih
mencintai dan menghargai karya sastra khususnya puisi/teks lagu, karena di
dalamnya terdapat nilai-nilai estetika/keindahan-keindahan tersendiri. Bagi para peneliti lain yang menekuni bidang penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia kiranya dapat melakukan penelitian-penelitian pengembangan yang
lebih lanjut mengenai pembelajaran
nilai estetika teks lagu dengan pendekatan PAIKEM. Dapat
dijadikan sebagai pijakan awal untuk melanjutkan penelitian yang telah ada
kearah penelitian yang lebih sempurna guna meningkatkan prestasi siswa dan mutu
pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Ratna, Nyoman
Kutha. 2007. Estetika Sastra dan Budaya.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus.
2011. Cooperative Learning Teori dan
Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Waluyo, Herman.
2003. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta:
Erlangga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar