welcome

Hai hai hai ...
Blog ini adalah blog yang berisi hal-hal seputar pendidikan, kebahasaan, kesusastraan, percintaan dan umum...

Selamat datang di blog saya ...
Selamat membaca tulisan-tulisan saya ...
Semoga menggugah selera ...
Selera Anda adalah inspirasi saya ...


Oh ya jangan lupa silahkan kunjungi pula akun saya yang lain :
*Twitter https://twitter.com/misy_2014
*Email http://profile.yahoo.com/AKCYPOGQN3Q6NZG52KVHGINC6E/
*Linked in : https://id.linkedin.com/pub/anita-misriyah-missy/a4/9b5/31a
*Ask.fm http://ask.fm/mis_missy
*Skype : anita.misriyah1
*Instagram : anita_misriyah & mici_shoppy
*Line : Missy
*WA : 085 740 276 227


Thank you all ... ^,^

Rabu, 15 Juni 2011

PROFESIONALISME GURU DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA


PROFESIONALISME GURU DAN 
HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Ditulis untuk memenuhi salah satu tugas
Mata Kuliah : Berbicara Kelompok
Dosen : Mukhlis

 









Oleh :
Nama : Anita Misriyah
NPM : 08410204
Kelas : II E


IKIP PGRI SEMARANG
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
2009
BAB I
PENDAHULUAN

Prestasi  belajar merupakan  hasil  belajar  yang  dicapai  setelah melalui proses  kegiatan  belajar mengajar.  Prestasi  belajar  dapat  ditunjukkan melalui nilai  yang  diberikan  oleh  seorang  guru  dari  jumlah  bidang  studi  yang  telah dipelajari  oleh peserta  didik.  Setiap  kegiatan  pembelajaran  tentunya  selalu mengharapkan  akan mengahasilkan  pembelajaran  yang  maksimal.  Dalam proses  pencapaiannya,  prestasi  belajar  sangat  dipengaruhi  oleh  berbagai faktor. Salah  satu  faktor utama  yang  sangatberpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran adalah keberadaan guru. Mengingat  keberadaan  guru  dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh, maka sudah semestinya kualitas guru harus diperhatikan.  
            Sebagaimana  telah  dikemukakan  di  atas,  bahwa  dalam  upaya meningkatkan mutu pendidikan, aspek utama yang ditentukan adalah kualitas guru.  Untuk  itu,  upaya  awal  yang  dilakukan  dalam  peningkatan  mutu pendidikan  adalah  kualitas  guru. Kualifikasi  pendidikan  guru  sesuai  dengan prasyarat  minimal  yang  ditentukan  oleh syarat-syarat  seorang  guru  yang profesional.
            Guru  profesional  yang  dimaksud  adalah  guru  yang  berkualitas, berkompetensi,  dan  guru  yang  dikehendaki  untuk  mendatangkan  prestasi belajar  serta  mampu  mempengaruhi  proses  belajar  mengajar  siswa  yang nantinya akan menghasilkan prastasi belajar siswa yang baik.









BAB II
PEMBAHASAN

1. PROFESIONALISME GURU
A.     Pengertian Profesionalisme Guru
Profesi  adalah  suatu  pekerjaan  atau  keahlian  yang  berkompetensi intelektualitas, sikap dan keterampilan tertentu yang diperolah melalui proses pendidikan secara akademis. Profesi guruadalah keahlian  dan  kewenangan  khusus  dalam  bidang  pendidikan,  pengajaran, dan pelatihan  yang  ditekuni  untuk  menjadi  mata  pencaharian  dalam memenuhi  kebutuhan hidup  yang  bersangkutan.Guru  sebagai  profesi berarti  guru  sebagai  pekerjaan  yang mensyaratkan  kompetensi  (keahlian dan  kewenangan)  dalam  pendidikan  dan  pembelajaran  agar  dapat melaksanakan pekerjaan  tersebut  secara  efektif  dan  efisien  serta berhasil.
Adapun mengenai pengertian profesionalisme itu sendiri adalah, suatu  pandangan  bahwa  suatu  keahlian  tertentu  diperlukan  dalam pekerjaan  tertentu  yang  mana  keahlian itu hanya diperoleh melalui pendidikan khusus atau  latihan khusus. Profesionalisme guru merupakan kondisi,  arah,  nilai,  tujuan  dan  kualitas  suatu  keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang  yang  menjadi  mata  pencaharian.  Sementara  itu,  guru  yang profesional  adalah  guru  yang memiliki  kompetensi  yang  dipersyaratkan.
Guru profesional  juga diharapkan mampu  memberikan  mutu  pendidikan  yang  baik  sehingga  mampu menghasilkan  siswa  yang  berprestasi. Untuk  mewujudkan  itu,  perlu dipersiapkan sedini mungkin melalui lembaga atau sistem pendidikan guru yang memang  juga bersifat profesional dan memeliki kualitas pendidikan dan cara pandang yang maju.





B.     Aspek-Aspek Guru Profesional
            Seorang  guru  yang  profesional  tentunya harusmemiliki  kompetensi  profesional.  Dalam  buku  yang  ditulis  oleh  E. Mulyasa,  Kompetensi  yang  harus  dimiliki  seorang  guru  itu  mencakup empat aspek sebagai berikut:
1.  Kompetensi Pedagogik.
Dalam Standar Nasional Pendidikan, penjelasan Pasal 28 ayat (3) butir dikemukakan  bahwa  kompetensi  pedagogik adalah  kemampuan mengelola  pembelajaran  peserta  didik  yang  meliputi  pemahaman terhadap  peserta  didik,  perancangan  dan  pelaksanaan  pembelajaran, evaluasi  hasil  belajar,  dan  pengembangan  peserta  didik  untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar